Cara Edit Aplikasi Mig33 Cara Edit Aplikasi Mig33 Cara Edit Aplikasi Mig33 Cara Edit Aplikasi Mig33 Cara Edit Aplikasi Mig33 Cara Edit Aplikasi Mig33 Cara Edit Aplikasi Mig33
Recent Post Blog dengan Gambar /Thumbnail

Sabtu, 03 Desember 2011

KEBUGARAN DENGAN HANYA BERJALAN KAKI



Assalamualaikum wrwb



Salam Hangat dan Hormat, buat para pengunjung yg Insya Allah selalu di rahmati Allah. Untuk kali kali ini saya ingin membahas tentang KEBUGARAN DENGAN HANYA BERJALAN KAKI
Berjalan kaki adalah latihan fisik yang mudah dan sangat sederhana, namun ternyata banyak manfaatnya apalagi jika dilakukan secara benar. Selain untuk ketahanan dan kekuatan otot, berjalan kaki juga bermanfaat untuk membantu pembentukan sistem kekebalan tubuh.


Berjalan kaki merupakan bentuk latihan fisik yang mudah dilakukan oleh semua orang. Sangat sederhana karena tidak memerlukan peralatan serta tempat yang khusus dan dapat dilakukan kapan saja. Jenis olah raga ini juga cukup menyenangkan sehingga banyak orang memanfaatkannya untuk bersosialisasi atau berekreasi bersama keluarga. Berjalan kaki juga merupakan cara yang tepat untuk menyendiri dan mengurangi stress yaitu dengan cara menarik nafas panjang kemudian dihembuskan perlahan-lahan.

Nah, yang mungkin belum kita ketahui adalah bagaimana melakukannya secara benar. Kita tidak sadar bahwa sebenarnya banyak kesalahan yang kita lakukan pada saat berjalan kaki seperti pinggang tidak lurus, melangkah terlalu cepat, dan mengayunkan tangan mulai dari pundak bukan dari siku. Kesalahan-kesalahan tersebut menyebabkan kita tidak memperoleh manfaat yang maksimal dari berjalan kaki. Untuk itu, cobalah ikuti beberapa petunjuk berikut ini agar memperoleh manfaat yang maksimal dari berjalan kaki.
-   Jejakkan kaki tepat pada tumit dengan jari kaki yang terangkat tinggi agar pergelangan kaki Anda bergerak dengan wajar.
-   Hindari kecenderungan untuk melangkahkan kaki terlalu lebar, sebaliknya langkahkan kaki sebanyak mungkin dalam satu menit untuk mempercepat gerakan sambil tetap mempertahankan jarak langkah yang sebenarnya.
-   Rasakan seakan-akan kaki Anda berpangkal di pinggang dan ulurkan kaki pada setiap langkah mulai dari atas tulang pinggul Anda. Hindari gerakan pinggul yang terlalu berlebihan, gerakan tersebut dapat menahan Anda untuk melangkah maju.
-   Baik pada saat tangan lurus atau melekuk, gerakan ayunan harus dimulai dari pundak. Apabila tangan Anda dilekukkan, siku tidak perlu bergerak. Ayunan harus kuat tetapi tetap rapat dengan tubuh dan tinggi ayunan tidak melebihi dada. Siku merapat pada pinggang dan jari lengan tidak melewati bagian lengan tubuh atau berjarak tidak lebih dari 30 cm di depan Anda.
-   Gunakan tenaga dari otot punggung untuk mengayunkan tangan. Semakin banyak Anda menggunakan otot punggung untuk mengayunkan tangan, otot Anda akan semakin sehat.
-   Telapak tangan tidak perlu dikepalkan

Memilih dan Merawat Sepatu

Penunjang utama untuk olahraga jalan kaki adalah sepatu. Saat ini, banyak toko sepatu yang menjual sepatu khusus untuk berolah raga, Anda tinggal minta jenis sepatu untuk olahraga jalan kaki kepada pelayan toko. Setelah memilih model yang Anda sukai, cobalah sepatu pilihan Anda tersebut dan pastikan bahwa hal-hal yang ada di bawah ini sudah Anda rasakan pada saat mencobanya.
-   Bantalan tumitnya nyaman di kaki dan mempunyai konstruksi yang mendukung kestabilan gerak serta bentuknya rendah.
-   Bagian depan kaki fleksibel (tidak terlalu pas).
-   Ruang untuk ibu jari agak longgar agar dapat bergerak lebih leluasa pada saat melangkah.
-   Pada ruang bagian depan sepatu terdapat tambahan sedikit material.

Sepatu yang telah Anda beli sebaiknya Anda rawat dengan baik supaya kualitasnya terjaga dan tetap nyaman saat digunakan untuk berjalan kaki. Berikut ini terdapat beberapa cara untuk merawat sepatu:
-   Jangan mengeringkan sepatu di dekat sumber panas, karena akan merusak sepatu.
-   Keluarkan bantalan sepatu tiap kali sesudah dipakai kemudian dibersihkan dan dikeringkan.
-   Bila Anda mempunyai 2 pasang sepatu, pakailah bergantian agar sepatu yang satu dapat benar-benar kering, di samping itu juga untuk memperpanjang masa pakainya.
-   Setelah sepatu digunakan, isi sepatu dengan segumpal kertas Koran untuk menjaga agar bentuk sepatu tidak berubah dan untuk menyerap uap lembab serta garam yang berasal dari keringat, yang dapat merusak sepatu.

Perhatikan Faktor Keamanan Selama Berjalan Kaki

Faktor keamanan
menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan pada saat kita sedang berjalan kaki, Mungkin kita mendengar atau pun membaca berita yang tidak menyenangkan terkait dengan keselamatan pejalan kaki, terutama di jalan raya. Untuk itu, ada baiknya jika Anda memperhatikan beberapa petunjuk di bawah ini sebagai bekal tambahan untuk berolahraga jalan kaki.
-   Apabila Anda tidak menggunakan track atau jalur khusus bagi pejalan kaki, berjalanlah menghadap arah lalu lintas dan pastikan selalu berjalan di bagian luar tikungan tajam.
-   Berjalanlah dengan hati-hati dan usahakan tidak menggangu pemakai jalan yang lain.
-   Apabila melakukannya pada malam hari, pakailah pakaian yang berwarna muda atau terang yang nampak jelas bagi pemakai jalan yang lain.
-   Jangan lupa membawa tAnda pengenal, lebih-lebih apabila Anda sedang dalam perjalanan, bawalah alamat tempat Anda menginap.
-   Yang paling aman adalah berjalan berpasangan, tapi apabila tidak mungkin pamitlah pada seseorang.
-   Apabila sampai tikungan, berjalanlah disebelah kanan jalan agar pemakai jalan yang lain dapat lewat dengan leluasa.
-   Jangan berkelompok, karena dapat menggangu lalu lintas.
-   Jangan berjalan kaki dengan memakai walkman, Anda akan mengabaikan keadaan sekeliling yang mungkin dapat membahayakan Anda.


Manfaat berjalan kaki & pengaruhnya terhadap komponen kebugaran :
1.      Dengan berjalan kaki 4 kali dalam seminggu selama 45 menit, rata-rata orang dapat mengurangi berat badan sebanyak 9 kg dalam setahun tanpa diet karena dengan berjalan kaki, Anda dapat mengurangi lemak dan memperkuat otot  
2.      Dengan berjalan kaki 2 atau 3 kali seminggu selama sedikitnya 20 menit akan meningkatkan ketahanan pembuluh darah
Semoga apa yang Saya sampaikan  dapat  bengmanfaat  bagi saya hususnya dan para pembaca pada umumnya dan saya berharap jika ada teman atau kerabat sudi kiranya anda menyampaikan tips KEBUGARAN DENGAN HANYA BERJALAN KAKI, karena saya yakin sebaik baiknya ilmu adaklah ilmu yang bermanfaat, SEMOGA ALLAH SENANTIASA MENJAGA KITA DARI NIAT DAN ILMU YANG KITA PELAJARI …. amin
Sumber : MAJALAH INFO PRODIA
  
Was'salamualaikum wrwb

By.PUSKESMAT



Terima kasih telah membaca artikel: KEBUGARAN DENGAN HANYA BERJALAN KAKI.Silahkan baca artikel ©P U S K E S M A T yang lainya:


0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkomentar dengan positif

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
P U S K E S M A T © 2008. Template Modif by: my blog