Cara Edit Aplikasi Mig33 Cara Edit Aplikasi Mig33 Cara Edit Aplikasi Mig33 Cara Edit Aplikasi Mig33 Cara Edit Aplikasi Mig33 Cara Edit Aplikasi Mig33 Cara Edit Aplikasi Mig33
Recent Post Blog dengan Gambar /Thumbnail

Sabtu, 03 Desember 2011

BERSAHABAT DENGAN GANGGUAN GINJAL


Assalamualaikum wrwb

Salam Hangat dan Hormat, buat para pengujung yg Insya Allah selalu di rahmati Allah. Untuk kali ini saya membahas BERSAHABAT DENGAN GANGGUAN GINJAL 
Gangguan ginjal sering dikatakan sebagai penyakit orang tua, namun saat ini semakin banyak menyerang orang muda. Diduga penyebabnya adalah gaya hidup yang tidak sehat, antara lain aktivitas berkurang (tidak banyak bergerak) dan maraknya konsumsi makanan serta minuman olahan mengandung bahan kimia.

Gangguan ginjal, terutama penyakit ginjal kronis, memang sulit disembuhkan dan bisa menimbulkan bencana. Meski demikian, dengan perawatan medis dan teknik-teknik menolong diri sendiri yang tepat, banyak pasien gangguan ginjal yang bisa menikmati hidup yang lebih baik. Kuncinya adalah mendidik diri sendiri agar dapat menyesuaikan diri dengan keterbatasan yang dimiliki.

Patuhi nasehat dokter agar disiplin minum obat yang telah diresepkan, melakukan cuci darah (bila memang sudah diperlukan) dan kontrol stres. Selain itu, banyak hal lain yang dapat dilakukan untuk membuat gangguan ginjal tersebut menjadi bersifat lebih "bersahabat".

Berikut ini beberapa tips agar gangguan ginjal lebih "bersahabat" :
• Mengatur pola makan rendah protein dengan kalori cukup untuk mencegah terjadinya atau berlanjutnya proses kerusakan fungsi ginjal. Hasil metabolisme protein yaitu urea, merupakan zat sisa metabolisme tubuh yang paling berbahaya bagi kerusakan ginjal bila jumlahnya berlebihan dan menumpuk banyak di dalam darah. Pembatasan protein diutamakan bagi mereka yang menunjukkan laju filtrasi glomerulus (LFG) di bawah 60 (sindrom nefrotik).
• Minum air putih yang cukup, disarankan 10 atau 2 liter per hari. Bagilah menjadi jatah pagi 2 gelas, pukul 11 siang 1 gelas, setelah makan siang 2 gelas, sore 2 gelas, dan sebelum tidur malam 1 gelas lagi.
• Berolahraga secara teratur, namun jangan memaksa diri. Olahraga terbukti menolong mengurangi rasa lelah dan rasa sakit pada penderita gangguan ginjal. Lakukanlah dalam batas kewajaran yaitu selama 30 menit 3 kali dalam seminggu, misalnya jogging, berenang atau olahraga ringan lainnya.
• Hidup dengan santai. Dukungan keluarga, para sahabat dan relasi dapat menolong pasien gangguan ginjal mengatasi stres akibat penyakitnya. Hal ini minimal bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah yang berpengaruh langsung dalam memperburuk kondisi kerusakan ginjal.
• Hindari konsumsi obat-obatan yang dapat membahayakan ginjal tanpa sepengetahuan dokter, misalnya obat pereda nyeri yang dijual bebas (OTC) yang mengandung ibuprofen atau herba yang tidak jelas kandungannya.
• Obati penyakit yang bisa menurunkan fungsi ginjal seperti batu ginjal, hipertensi, diabetes, dan lupus.
• Lakukan pemeriksaan kesehatan (medical check up) minimal 1 kali setahun untuk mereka yang berumur di bawah 40 tahun dan 2 kali setahun bila usia lebih dari 40 tahun.

TIPS UNTUK GINJAL SEHAT
Selain melakukan pemantauan fungsi ginjal secara berkala, beberapa kebiasaan sehat di bawah ini juga akan membantu agar ginjal Anda tetap sehat.

-         Menjaga berat badan sehat/ideal
-         Minum air putih sesuai kebutuhan
-         Mengurangi konsumsi garam
-         Melakukan aktivitas fisik 30 menit sehari
-         Mengonsumsi makanan sehat
Dengan menerapkan gaya hidup sehat dan memantau fungsi ginjal secara berkala, semakin sempurnalah perlindungan ganda bagi ginjal Anda
Saya sangat berharap jika ada teman atau kerabat yang mengalami GANGGUAN GINJAL sampaikan cara ini.... ! karna saya yakin sebaik baiknya ilmu adalah ilmu yang bermanfaat. SEMOGA ALLAH SENANTIASA MENJAGA KITA DARI NIAT DAN ILMU YANG KITA PELAJARI …. amin

Sumber dikutib dari buku :
latest health




  
Was'salamualaikum wrwb
By.PUSKESMAT



Terima kasih telah membaca artikel: BERSAHABAT DENGAN GANGGUAN GINJAL.Silahkan baca artikel ©P U S K E S M A T yang lainya:


0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkomentar dengan positif

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
P U S K E S M A T © 2008. Template Modif by: my blog